TUGAS PENGURUS DKM / JOB DESC

JOB DESCRIPTION & PROGRAM KERJA KHUSUS
DKM BAITURROHMAT
PERIODE  2012 – 2015


KETUA DKM
 

Tugas Kerja:
  1. Pengemban   amanah   organisasi  yang  dipilih   pada   waktu Musyawarah Jama'ah. Bertanggung jawab atas  terlaksananya seluruh amanah yang ditetapkan dalam Musyawarah Jama'ah.  Melaksanakan  kegiatan organisasi antara lain:
  2. Memberikan masukan, arahan dan saran kepada Pengurus DKM agar roda organisasi dan program kerja bisa berjalan dengan baik sesuai dengan visi dan misi yang dicanangkan
  3. Memimpin dan mengendalikan kegiatan rutin organisasi secara umum.
  4. Memimpin Rapat Umum pengurus.
  5. Memimpin dan mewakili DKM Baiturrohmat dalam kegiatan ekstern.
  6. Mengkoordinir, memotivasi, mengevaluasi, mengarahkan dan membimbing seluruh  kegiatan  bidang/seksi dalam  melaksanakan amanah organisasi.
  7. Pengambil keputusan atas semua permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan tugas yang dijalankan Pengurus.
  8. Menyelengarakan dan memimpin Musyawarah Kerja untuk membahas dan menjabarkan program kerja sesuai dengan kebutuhan.
  9. Mempertanggungjawabkan kepengurusan organisasi dalam Musyawarah Jama'ah.

WAKIL KETUA
 

Tugas Kerja:
  1. Membantu Ketua DKM dalam pelaksanaan seluruh amanah yang ditetapkan dalam Musyawarah Jama'ah. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:
  2. Membantu Ketua DKM dalam menjalankan tugas sehari-hari.
  3. Mengkoordinir, mengevaluasi, mengarahkan seluruh  kegiatan  bidang/seksi dalam  melaksanakan amanah organisasi.
  4. Memberikan laporkan kepada Ketua DKM untuk aktivitas atau kegiatan yang telah dilakukan.
  5. Membantu Ketua DKM untuk mengontrol seluruh roda organisasi dan seluruh program kerja pengurus agar berjalan dengan baik, terutama di bidang dakwah, pendidikan dan peribadatan.
  6. Mewakili Ketua Umum jika Ketua Umum berhalangan

 


SEKRETARIS
 
Tugas Kerja:

  1. Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program  kesekretariatan dan  pengelolaan administrasi organisasi. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:
  2. Mengatur  dan mengelola tugas kesekretariatan organisasi  secara umum.
  3. Membuat  surat resmi yang dikeluarkan DKM Baiturrohmat.
  4. Bersama Ketua menandatangani setiap surat resmi yang dikeluarkan DKM.
  5. Menerima, mencatat, dan mengarsipkan surat masuk dari berbagai pihak.
  6. Memberikan pelayanan administratrif untuk seluruh Bidang/Seksi.
  7. Memberikan  laporan  bidang kesekretariatan  kepada  Ketua DKM.
  8. Menjadi sekretaris/notulis dalam setiap musyawarah yang dipimpin oleh Ketua DKM/Wakil Ketua DKM.
  9. Mewakili Ketua DKM apabila yang bersangkutan berhalangan hadir atau tidak ada di tempat.
  10. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.
  11. Bertanggung jawab terhadap administrasi kesekretariaan pengurus DKM
  12. Mengarsipkan file-file, data-data kegiatan dari seluruh program kerja
  13. Usulan Program Kerja:
  14. Mengaktifkan dan menata sekretariat Masjid
  15. Membuat kop surat dan amplop DKM
  16. Membuat standarisasi pembuatan surat DKM dan kepanitiaan
  17. Membuat kartu donatur masjid (infaq & shodaqoh) yang bekerja sama dengan bidang terkait


BENDAHARA
 

Tugas Kerja:
  1. Membantu Ketua DKM, yang bertanggung  jawab  dalam pelaksanaaan  program pengelolaan keuangan organisasi. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain :
  2. Menyimpan, mengelola dan membukukan keuangan Organisasi.
  3. Merencanakan dan mengusahakan pemasukan sumber-sumber dana ke kas DKM.
  4. Mengendalikan dan menertibkan pelaksanaan anggaran belanja masjid sesuai dengan ketentuan.
  5. Mengeluarkan uang sesuai keperluan dan kebutuhan Masjid.
  6. Menyimpan bukti penerimaan dan pengeluaran keuangan.
  7. Membuat laporan keuangan secara rutin maupun insidentil.
  8. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.
  9. Bertanggung jawab terhadap pengelolaan uang kepengurusan DKM
  10. Berhak mengeluarkan uang atas izin Ketua Umum/Wakil Ketua/ Sekretaris.
  11. Membuat laporan keuangan secara berkala yang disebarkan kepada seluruh warga muslim di setiap 6 (enam) bulan sekali
  12. Mengumumkan laporan keuangan setiap sebelum sholat Jumat yang berkoordinasi dengan Bidang Ta’mir/Peribadatan.
  13. Membuat mekanisme/tata cara pengambilan dana untuk operasional Masjid dan kegiatan DKM






BIDANG-BIDANG / SEKSI

 

BIDANG TA’MIR/PERIBADATAN
 

Tugas Kerja :
  1. Bertanggung jawab atas berlangsungnya kegiatan peribadatan seperti mengontrol pelaksanaan ibadah rutin, mengingatkan khatib Jumat, menjemput khatib/penceramah jika diperlukan, serta mengatur jadwal imam dan kultum pelaksanaan shalat Tarawih, Idul Fitri, dan Idul Adha. Untuk penentuan jadwal khatib/kultum bisa berkoordinasi dengan Bidang Pendidikan dan Da’wah.
  2. Mengatur penyelenggaraan ibadah Shalat Jum'at, termasuk membuat jadwal imam & khotib.
  3. Mengatur pelaksanaan ibadah sholat harian termasuk membuat jadwal muadzin.
  4. Mengontrol kinerja bidang kebersihan bekerja sama dengan Bidang Sarana, Akomodasi dan Kebersihan.

Usulan Program :
Pelatihan imam sholat,khatib, muadzin dan muraqqi secara berkala bekerja sama dengan bidang pendidikan

 


BIDANG DAKWAH
 

Tugas Kerja:
  1. Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program  dakwah dan pembinaan jama'ah.  Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:
  2. Menyelenggarakan   kegiatan-kegiatan   yang dapat    meningkatkan keimanan, keilmuan dan ketaqwaan Jama'ah.
  3. Mengatur pelaksanaan kegiatan pengajian yang diselenggarakan di Masjid Jami' Ar-Rohmah.
  4. Memotivasi jamaah dalam memakmurkan masjid dengan menyelenggarakan kegiatan ibadah khususnya sholat dan kegiatan lainnya..
  5. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.

Usulan Program :
  1. Menyelenggarakan pengajian pengajian Tafsir Al Quran dan Hadist  ataupun materi umum subuh pada Sabtu / Minggu.
  2. Menyelenggarakan kegiatan Kultum ba’da maghrib sekali dalam sepekan.
  3. Membuat kajian-kajian lainnya seperti Bedah Buku yang bekerja sama dengan Bidang Pendidikan dan Perpustakaan

 


BIDANG PENDIDIKAN
 

Membantu Ketua DKM, yang bertanggung  jawab dalam pelaksanaan  Program  Kerja  Pendidikan dan Pelatihan. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:
  1. Merencanakan, mengatur dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat meningkatkan keilmuan dan keterampilan jama'ah, baik anak-anak, remaja dan orang tua.
  2. Membina Majelis Ta'lim ibu-ibu.
  3. Membina dan mengelola Madrasah.
  4. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.

 


BIDANG PERINGATAN HARI-HARI BESAR ISLAM
 

Tugas Kerja:
 

  1. Bertanggung jawab atas penyelenggaran kegiatan peringatan hari besar Islam seperti tahun baru Hijriyah, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW, peringatan Nuzulul Qur’an di bulan Ramdahan, Acara Halal Bihalal, pelaksanaan qurban Idul Adha, serta peringan hari besar Islam lainnya seperti tablig akbar.
  2. Usulan Program:
  3. Membuat acara Tablig Akbar dengan menghadirkan ustadz ternama untuk syiar yang lebih luas.

 


BIDANG PENGELOLAAN ZAKAT, INFAQ dan SHADAQAH (ZIS) & PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT
 

Tugas Kerja:
  1. Bertanggung jawab atas pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) baik rutin maupun tahunan
  2. Mencari sumber-sumber ZIS baik di lingkungan RW 05 maupun dari luar RW 05
  3. Bertanggung jawab untuk menggerakan perekonomian umat berbasis masjid dengan tujuan mencari pendanaan untuk operasional masjid dan kegiatan syiar Islam. Diharapkan dengan adanya bidang ini, perekonomian umat bisa berdaya dan masjid mampu berdiri sendiri dalam hal pendanaan untuk membiayai program-program kerjanya.

Usulan Program:

  1. Mengaktifkan kembali penarikan donasi rutin untuk masjid
  2. Membuat kartu donatur yang bekerja sama dengan sekretaris DKM
  3. Membantu sumber pendanaan ZIS untuk anak asuh/kaum dhuafa yang dikelola Pengajian Ibu-ibu DKM
  4. Usaha dagang
  5. Barang Bekas Bermutu.
  6. Pengembangan Pendidikan/Kursus
  7. Pengembangan Embrio ”Balai Usaha Mandiri Terpadu” (Baitul Maal Wattamwil). Nantinya, sebagai wujud kegiatan pengembangan usaha-usaha yang produktif agar bisa bermanfaat kepada jamaah masjid, juga syiar di sekitar Masjid.

 


BIDANG HUMAS DAN PUBLIKASI
 

Tugas Kerja:
 

  1. Bertanggung jawab untuk melakukan sosialisasi dan publikasi atas jalannya organisasi dan program kerja pengusus DKM
  2. Membuat dokumentasi dengan mengumpulkan foto/video kegiatan DKM dan bisa bekerja sama dengan sekretaris.
  3. Menjalin relasi dengan berbagai pihak, baik warga dan DKM, instansi pemerintah, serta instansi lainnya.
  4. Usulan Program:
  5. Membuat buletin jumat mingguan / leaflet sebulan sekali,
  6. Membuat website atau blog yang menginformasikan kegiatan masjid
  7. Mengaktifkan mading masjid.

 


BIDANG PERPUSTAKAAN
 

Tugas Kerja:
 

  1. Membangun dan mengelola perpustakaan masjid sebagai sarana untuk mencerdaskan umat
  2. Usulan Progam
  3. Membangun rak dan perpustakaan di bagian yang bekerja sama dengan Bidang Pembangunan dan Pemeliharaan.
  4. Membuat progam Satu Rumah Satu Buku, yaitu sumbangan buku dari warga untuk perpustakaan masjid

 


BIDANG PEMBINAAN ANAK, REMAJA & SENI BUDAYA ISLAM
 

Tugas Kerja:
 

  1. Bertanggung jawab melakukan pembinaan terhadap anak dan remaja di lingkungan dengan melakukan sejumlah kegiatan yang bermanfaat sehingga terdorong untuk memakmurkan masjid.
  2. Bidang ini dalam melakukan kegiatannya bisa berkoordinasi dengan bidang lain
  3. Usulan Progam:
  4. Membuat program pelatihan seperti pidato, MC, nasyid/kesenian Islam, jurnalistik untuk membantu peliputan Bidang Humas dan Publikasi serta kegiatan lainnya yang bermanfaat sehingga anak dan remaja terdorong untuk memakmurkan masjid

 

BIDANG SOSIAL dan KEMATIAN
 

Tugas Kerja:


  1. Membantu Ketua DKM, yang bertanggung  jawab dalam pelaksanaan  Program  Kerja  sosial dan kesejahteraan ummat. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:
  2. Merencanakan, mengatur dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial atu kemasyarakatan.
  3. Membantu  jama'ah dalam mengurusi atau menanggulangi musibah dan kematian.
  4. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.
  5. Kematian merupakan masalah yang penting, sebab merupakan fardhu kifayah bagi warga muslim. Oleh karena itu, bidang ini bertanggung jawab untuk mengurus jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani, menshalatkan, hingga memakamkannya.
  6. Membuat edukasi bagaimana mencetak warga yang mampu mengurus jenazah
  7. Berkoordinasi dengan bidang lain seperti Majelis Ta’lim untuk mengelola pemberian santunan kepada fakir miskin, dhuafa, anak yatim piatu di bulan Ramadhan dan bulan-bulan lainnya.
  8. Usulan Program:
  9. Membuat pelatihan untuk mengurus jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani, menshalatkan, hingga memakamkannya.



BIDANG SARANA, AKOMODASI, DAN KEBERSIHAN
 

 Tugas Kerja:
 

  1. Bertanggung jawab menjamin ketersediaan sarana demi kelancaran peribadatan. Misalnya sound system, sajadah, karpet, mukena, listrik, meja belajar/mengaji, dan podium.
  2. Bertanggung jawab mengelola kebersihan masjid dan sarana pendukungnya seperti tempat wudhu, kamar mandi, kipas angin dll.
  3. Bertanggung jawab melakukan pemeliharan sarana masjid yang bersifat ringan seperti menganti kran kamar mandi, kunci kamar mandi, lampu penerangan, rambu-rambu penunjuk di masjid
  4. Usulan Program:
  5. Membuat jadwal kebersihan yang berkoordinasi dengan Bidang Ta’mir
  6. Membuat jadwal kerja bakti warga untuk membersihkan masjid dan sekitarnya

 


BIDANG PEMBANGUNAN DAN PEMELIHARAAN
 

Tugas Kerja:
 

  1. Bertanggung jawab dalam pembangunan fisik masjid
  2. Bertanggung jawab melakukan pemeliharaan masjid secara rutin yang skala pekerjaannya tergolong berat seperti pengecetan dinding masjid dan sekitarnya, mengganti pintu dan kusen yang kena rayap, memperbaiki dinding atau atap yang bocor.
  3. Usulan Program
  4. Merenovasi atap masjid atau Pembangunan Masjid.
  5. Membuat rak dan ruang perpustakaan di bagian masjid

 


MAJELIS TA’LIM IBU-IBU

Tugas Kerja: 

  1. Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program  dakwah dan pembinaan khusus ibu-ibu (perempuan).  Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:
  2. Ikut melaksanakan program bidang dakwah.
  3. Terus secara intensif memberikan pembinaan dan pendidikan ruhaniah ataupun pendidikan keluarga bagi kelompok majelis ta’lim dan warga masyarakat pada umumnya. (bekerjasama dengan bidang dakwah)
  4. Melakukan kajian-kajian Al Quran dan Hadits yang berkaitan dengan fungsi dan tugas perempuan (bekerjasama dengan bidang dakwah)
  5. Seluruh anggota kelompok majelis ta’lim bertanggung jawab untuk terus mengajak warga masyarakat lainnya untuk ikut bergabung dalam kelompok majelis. (bekerjasama dengan bidang dakwah)
  6. Mengatur pelaksanaan pengajian ibu-ibu (perempuan)
  7. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan kegiatan  kepada Ketua DKM.

0 comments :

Post a Comment